Manila (RakyatRukun.com) – Tim voli putra berhasil meraih emas ke-72 Indonesia di SEA Games 2019. Indonesia mengalahkan wakil tuan rumah Filipina 25-21, 27-25, dan 25-17 pada laga final di Stadion Phil Sports Arena, Selasa (10/12). Tuan rumah sempat menampilkan perlawanan alot meski Indonesia menang tiga set.

Pada set ketiga, Indonesia menunjukkan kualitas dan mental untuk terus unggul dari tuan rumah. Hasilnya, Merah Putih berhasil mengalahkan Filipina sekaligus memastikan medali emas SEA Games 2019.

Sebelumnya, Indonesia meraih medali emas dari cabang olahraga jiujitsu putra atas nama Muhammad Noor di kelas 120 kilogram, Selasa (10/12). Dengan demikian, Indonesia telah mengumpulkan dua medali emas pada Selasa (10/12).

Selain memastikan keluar sebagai juara, Timnas Indonesia pun tercatat tidak pernah terkalahkan dan selalu menang dengan angka telak selama pertandingan SEA Games 2019. Sejak pertandingan fase grup, semifinal hingga final, Timnas Indonesia selalu berhasil menang dalam tiga set langsung. Kemenangan atas Filipina dalam laga final di Philsports Arena, Metro Manila, Selasa (10/12/2019), juga mengulangi hasil pertandingan kedua tim di babak fase grup.

Adapun medali emas Voli Putra SEA Games kali ini merupakan yang pertama kali diraih oleh Indonesia dalam 10 tahun terakhir. Pada SEA Games 2017 di Malaysia, Timnas Voli Putra Indonesia tercatat hanya meraih perak. Filipina sebenarnya juga bukan lawan yang mudah bagi Indonesia.

Namun, selama laga final berlangsung, Nizar Munawar dkk mampu menunjukkan permainan impresif dan dapat meredam permainan tuan rumah melalui spike-spike keras. Dukungan suporter tuan rumah memang menjadi tantangan bagi para pemain Indonesia sejak awal pertandingan. Sekalipun demikian, Tim Merah Putih bisa memenangkan set pertama, dengan skor 25-21. Set kedua kemudian sempat berjalan lebih ketat. John Vic de Gusman dkk mampu memberikan perlawanan yang memaksa Indonesia hanya unggul 27-25.

Sedangkan saat memasuki set ketiga, Timnas Voli Putra Indonesia mampu lebih mendominasi permainan sehingga dapat mengakhiri perlawanan tuan rumah melalui keunggulan telak, 25-17. Medali emas dari cabang olahraga Voli Putra ini menambah koleksi Kontingen Indonesia. Hingga Selasa malam, atau sehari sebelum penutupan SEA Games 2019, Indonesia tercatat sudah meraih 72 medali emas, 82 medali perak dan 111 medali perunggu. Dengan perolehan medali sebanyak itu, Indonesia masih menduduki peringkat keempat di tabel klasemen perolehan medali SEA Games 2019.

Merah Putih meraih total 72 medali emas dan masih berada di posisi keempat klasemen SEA Games 2019. Kemenangan Indonesia ini turut dirayakan oleh warganet di berbagai platform media sosial, termasuk Twitter

Uniknya selain kemenangan tim Indonesia tersebut, Kata kunci ‘Voli Putra’ menjadi trending topic, tak hanya itu, kata kunci ‘Randu’ juga berada di top trending topic Twitter Indonesia pada Selasa petang.

Aksi Selebrasi I Putu Randu Tranding Dijagat Twitter

Randu adalah atlet voli putra asal Indonesia yang viral menjadi perbincangan setelah pertandingan final Indonesia vs Filipina usai digelar. Dalam kata kunci tersebut, para warganet baik dari Indonesia maupun negara tetangga turut memperbincangkan I Putu Randu. Video aksi santuy Randu setelah dihantam smash dari pemain Filipina, yang diunggah oleh akun @gretchenho telah ditonton lebih dari 83 ribu kali. Tampak Randu melemparkan servis pada pemain Filipina yang kemudian dibalas dengan umpan dan smash tepat ke arahnya dan hampir mengenai bagian wajahnya.

Randu terjatuh, dan kemudian teman-temannya datang membantunya bangkit. Atlet bernomor punggung 18 ini kemudian berjalan santai menghampir pemain lain yang duduk di bangku cadangan. Penonton yang ada di lokasi tampat tertawa dengan aksi tengil Randu ini. Beberapa bahkan tampak berdiri dan bertepuk tangan saat Randu jatuh terhempas smash. Cabang olahraga voli putra sumbang medali emas untuk Indonesia Indonesia berhasil menambahkan jumlah medali emas sehari menjelang berakhirnya SEA Games 2019.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Pegawai Rutan Makassar Mengikuti Upacara Gabungan Dalam Memperingati Hari Bela Negara

Jakarta (RakyatRukun.com) – Memperingati Hari Bela Negara, Kepala Rutan Kelas I Maka…