Jakarta (RakyatRukun.com) – Dikutip dari  Situs Kementrian Pertahanan (Kemhan) pada Kamis (19/12). Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Sakti Wahyu Trenggono mengingatkan pentingnya bagi Indonesia menguasai teknologi pertahanan sebagai sebuah kebutuhan pertahanan di masa depan agar menjadi bangsa yang mandiri.

Dalam acara Round Table Discussion yang diselenggarakan oleh Universitas Pertahanan dengan tema ”Prioritas Akuisisi Alutsista Strategis TNI 2020-2045”, beliau menerangkan bahwa priode 2020-2024 adalah priode pemerintahan yang penting untuk menentukan arah pembangunan jangka panjang kekuatan pertahanan Indonesia dua puluh lima tahun yang akan datang, terutama dalam soal menguasai teknologi yang menjadi kebutuhan pertahanan di masa depan. Wamenhan lebih lanjut mengakan bahwa perang di masa datang akan didominasi oleh kekuatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan konsep seperti Network Centric Warfare (NCW) dan kemampuan peperangan siber (Cyber Warfare) pada platform persenjataan. Perpaduan antara teknologi dan konsep operasi perang yang inovatif inilah sesungguhnya merupakan pengertian paling mendasar dari apa yang kemudian disebut sebagai Revolution in Military Affairs (RMA), yang bertumpu pada kecanggihan teknologi.

Wakil Menteri Pertahanan juga mengingatkan jika perang kedepan memiliki banyak aset, seperti pesawat tempur ataupun peluru kendali (missile) tidak dengan sendirinya menjamin suatu negara memiliki kekuatan daya tangkal (deterrent power), tanpa diimbangi kemampuan mengeksploitasi konsep-konsep perang yang inovatif dan kreatif. Untuk itu, beliau menerangkan jika secara keseluruhan, doktrin perang baru yang digagas oleh Departemen Pertahanan AS (DoD)  (Network Centric Warfare) harus menjadi semacam “Internet of Things” dari medan operasi perang yang mengandalkan teknologi/sistem manajemen informasi/komunikasi dan sensor-sensor guna meningkatkan “situational awareness”. Untuk itulah dibutuhkan Big Data Analysis di dalam system Network Centric Warfare untuk memperoleh gambaran lengkap dan akurat guna memprediksi kejadian-kejadian yang akan datang yang diperlukan untuk pengambilan keputusan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

3 Teknologi mutahir masa depan yang telah terwujud di dunia nyata

Jakarta (RakyatRukun.com) – Kecanggihan teknologi akan terus berevolusi seiring deng…