WhatsApp meluncurkan fitur baru untuk pengguna di Indonesia. Fitur tersebut adalah katalog belanja yang bisa digunakan di WhatsApp Business.

Katalog WhatsApp adalah sebuah katalog berbasis online (berupa halaman website), yang bertujuan agar pengunjung katalog WhatsApp tersebut bisa melihat produk-produk bisnis atau toko dan kemudian dengan mudah chat ke WhatsApp kita (sebagai penjual) untuk melakukan pemesanan.

Dalam postingan blog perusahaan yang dikutip CNBC Indonesia, Jumat (8/11/2019), fitur ini akan memberikan kesempatan pengguna WhatsApp untuk bertukar pesan dan foto dengan toko online tanpa perlu keluar dari aplikasi.

Katalog ini akan berbentuk etalase seluler di WhatsApp untuk memamerkan dan membagikan barang jualan toko sehingga pengguna WhatsApp dapat dengan mudah menelusuri dan menemukan barang yang ingin dibeli.

Tampilan Icon WA Business

WhatsApp mengatakan pihaknya memberikan akses awal ke fitur katalog kepada Andhika Mahardika, pendiri Agradaya. Agradaya merupakan usaha kewirausahaan sosial yang berfokus pada pengembangan produk rempah yang diolah secara natural dengan bekerja sama dengan petani skala kecil di wilayah perbukitan menoreh Yogyakarta.

“Ia memberitahukan kepada kami fitur ini memudahakan pelanggan untuk mempelajari produk mereka mengetahui harga dan melihat gambar dari produk yang ditawarkan,” ujar WhatsApp dalam postingan blognya.

WhatsApp mengatakan fitur ini baru tersedia pada WhatsApp Business di Android dan iPhone untuk wilayah Brasil, Jerman, India, Indonesia, Meksiko dan Amerika Serikat (AS).

Perbedaan WA Business Dengan WA Messager

Beberapa perbedaan antara WhatsApp Messenger dan WhatsApp Business yang dirangkum KompasTekno dari Gadgets Now, Jumat (19/1/2018).

  • Perbedaan logo WhatsApp Business menggunakan huruf kapital “B” dengan latar warna hijau khas WhatsApp. Logo ini berbeda dengan WhatsApp Messenger yang terkenal dengan logo gambar telepon.
  • Dapat menggunakan dan menambahkan nomor telepon rumah atau kantor Berbeda dengan WhatsApp Messenger yang menggunakan nomor ponsel, WhatsApp Business bisa menggunakan sekaligus menambahkan nomor telepon rumah atau kantor meskipun sah-sah saja menggunakan nomor seluler.
  • Bisa membalas pesan secara otomatis Fitur ini memungkinkan pebisnis untuk menyetel balasan otomatis jika mendapat pertanyaan yang sama dari konsumen. Pengaturan ini juga bisa digunakan untuk mengirim pesan otomatis untuk menyambut konsumen baru. Fitur ini tentu tak ditemukan di WhatsApp Messenger yang bertujuan personal.
  • Lihat statistik pesan terkirim dan diterima

Dengan fitur ini, pebisnis bisa melihat statistik pesan terkirm dan pesan yang diterima. Tentu saja fitur ini tidak didapatkan di WhatsApp Messenger dimana seringnya, pengguna justru menyembunyikan informasi jika pesan telah dibaca.

  • Bisa memilih kategori bisnisnya

Selain menginformasikan profil perusahaan, seperti jam operasional, situs resmi, dan lokasi, pebisnis juga bisa memilih kategori bisnis yang tersedia. Tidak melulu perusahaan besar, WhatsApp Business juga terbuka untuk UKM dan usaha kecil lainnya. Jika kategori bisnis tidak terdapat di pilihan yang tersedia, bisa memilih kategori “Others”.

  • Centang Hijau Tidak seperti WhatsApp Messenger yang tidak ada proses verifikasi, WhatsApp Business akan melakukan verifikasi pada akun pebisnis. Berbeda dengan lencana centang biru pada akun terverifikasi di Instagram atau Twitter, akun yang telah diverifikasi oleh WhatsApp Business akan diberikan centang berwarna hijau. “Jika Anda melihat lencana hijau di sebelah nama kontak, itu berarti WhatsApp telah memverifikasi jika nomor tersebut adalah benar milik perusahaan”, jelas WhatsApp pada blog situs resmi perusahaan.
  • Mengkategorikan pesan masuk menggunakan “Labels” Fitur ini merupakan fitur baru yang sebelumnya belum ada di versi beta. Dengan “Labels”, pebisnis bisa mengkategorikan pesan masuk tertentu sehingga komunikasi dengan konsumen lebih terorganisir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Seleksi Tes CPNS Kemhan 2019, Syarat, & Jadwal Pembukaan SSCASN BKN

Jakarta (RakyatRukun.com) – Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI resmi mengumumkan pem…